Strategi Pemasaran Politik atau Marketing Politik? Oh Ini Maksudnya

strategi pemasaran politik
Marketing Politik? Strategi Pemasaran Politik? Oh ini maksudnya. Foto : Google Image
strategi pemasaran politik
Marketing Politik? Strategi Pemasaran Politik? Oh ini maksudnya. Foto : Google Image

Apa itu politik? Secara umum politik adalah sebuah seni dalam mengambil, merebut, atau meraih kekuasaan. Nah dalam ilmu politik tersebut, ada strategi politiknya sendiri untuk mandapatkan apa yang diinginkan. Biasanya ini disebut dengan strategi pemasaran politik. Apa itu strategi pemasaran politik? Berikut merupakan ulasan mengenai strategi pemasaran politik atau terkadang disebut marketing politik untuk menjadi bahan referensi Anda. Baca Juga : Jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang Patut Anda Pertimbangkan, Prospek Kerja Menjanjikan?

Pengertian Politik

Untuk memudahkan pengunjung, kami telah menyediakan eBook Strategi Marketing Politik Pdf untuk Anda -Direct eBook PDF-

Pengertian Politik (Yunani: Politikos; Arab: سياسة, siyasah) (dari bahasa Yunani: politikos, yang berarti dari, untuk, atau yang berkaitan dengan warga negara), adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara (https://id.wikipedia.org/wiki/Politik).

Pengertian Strategi

Istilah strategi dari bahasa yunani “strategos” atau dengan kata jamak strategi yang berarti jenderal atau perwira (state officer) dengan fungsi dan tugas yang luas. Istilah tersebut digunakan untuk mewakili 10 (sepuluh) suku di Yunani yang dikenal dengan sebutan Board of Tai Strategy dan dalam artinya sempit Maurice Matlaff (1967: 4) menyebut strategi sebagai The Art of General (seni jenderal).

Sondang P. Siagian (1985: 21) mendefinisikan pengertian strategi sebagai cara-cara yang diambil yang sifatnya mendasar dan fundamental yang akan dipergunakan oleh suatu organisasi untuk mencapai tujuan dan berbagai sasarannya dengan selalu memperhitungkan kendala lingkungannya yang pasti akan dihadapi.

Pengertian Strategi Pemasaran Politik (Marketing Politik)

Marketing Politik atau Strategi pemasaran politik adalah analisis, perencanaan, implementasi dan kontrol terhadap politik dan program-program pemilihan yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan memelihara pertukaran hubungan yang menguntungkan antara partai dan pemilih demi tujuan untuk mencapai political marketers objectives.

Pengertian Strategi Pemasaran Politik Menurut Butler dan Collins

Butler dan Collins (1996: 28) mendefinisikan pengertian pemasaran politik sebagai adaptasi dari konsep dan teknik pemasaran komersial yang dilakukan oleh para aktor politik untuk mengorganisasi, mengimplementasi dan mengatur aktivitas politik untuk mewujudkan tujuan politik.

Sehingga dari penjelasan tersebut, ada beberapa poin yang harus dilakukan untuk strategi pemasaran politik, diantaranya segmentasi, targeting, Positioning. Ketiga elemen tersebut berperan penting dalam strategi pemasaran politik.

Pengertian Segmentasi, Targeting dan Possitioning dalam Strategi Pemasaran Politik

Dari ketiga poin tersebut, apa kalian sudah tahu apa saja pengertiannya? Nah berikut untuh bahan referensi kalian pengertian dari masing-masing poin yang telah disebutkan. Baca Juga : Peran Humas Pemerintahan dan Perusahaan Dalam Mengatasi Konflik Internal, Problem Solving

Pengertian Segmentasi

Rhenald Kasali (2001: 119) pengertian segmentasi adalah suatu proses mengkotak-kotakan pasar (yang heterogen) ke dalam kelompok- kelompok “potential customer” yang memiliki kesamaan kebutuhan dan atau kesamaan karakter yang memiliki respon yang sama.

Segmentasi adalah pemilihan sekelompok orang dengan cara yang serupa atau sama memberikan tanggapan kepada seperangkat rangsangan pemasaran tertentu, dengan mengesampingkan kelompok “golongan putih” (golput) segmentasi dibagi dalam tiga segmen besar yaitu:

a. Segmen para pendukung kontestan yang dipasarkan

yang dibedakan menjadi dua yakni:

  1. Pendukung inti atau lazim disebut sebagai basis massa (base partisan), adalah pendukung fanatik yang sangat sulit berubah pikirannya.
  2. Pendukung lapis kedua yang lazim disebut sebagai soft- partisan, massa pendukung yang masih bisa berubah pilihannya oleh faktor-faktor atau tawaran-tawaran tertentu.

b. Segmen para pendukung kontestan pesaing

yang juga terdiri dari (a) pendukung inti, dan (b) pendukung.

c. Segmen massa mengambang

yaitu segmen yang belum memutuskan kepada pihak mana suara akan diberikan. Secara umum segmen ini juga dapat dipilih menjadi dua, yaitu:

  1. Segmen nonpartisipan dimana dari pemilu keputusan pilihan tidak menetap pada satu partai politik atau kandidat tertentu tapi bisa berubah-ubah tergantung faktor situsional.
  2. Segmen yang pernah menjadi pendukung pihak tertentu, tetapi akan mengubah pilihannya karena merasa aspirasi tidak terpenuhi.

Pengertian Targeting

Rhenald Kasali (2001: 371) mendefinisikan pengertian targeting sebagai suatu tindakan untuk memilih satu atau beberapa segmen pasar yang akan menjadi fokus kegiatan-kegiatan pasar dan yang akan dibidik untuk mencapai sasaran obyektif.

Pengertian Positioning

Philip Kotler dikutip dalam Rhenald Kasali (2001: 526) mengatakan pengertian positioning adalah tindakan yang dilakukan oleh marketer untuk membuat citra produk dan hal-hal yang ingin ditawarkan kepada masyarakat agar berhasil memperoleh posisi yang dicapai. Positioning (penentuan posisi) yaitu, tindakan merancang pemasaran dan citra partai politik dalam menepati posisi kompetitif. Positioning dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:

  1. Positioning berdasarkan isu dan kebijaksanaan politik, yakni mempresentasikan kebijakan atau program yang diperjuangkan dan dijanjikan oleh kandidat politik jika menang dalam pemilu.
  2. Positioning berdasarkan benefit, yakni partai akan memberi manfaat tertentu kepada pemilih.
  3. Positioning berdasarkan citra kandidat, positioning yang mengacu pada sifat pribadi yang penting yang dianggap sebagai karakter kandidat.

Demikian pembahasan mengenai strategi marketing pemasaran politik untuk menjadi bahan referensi Anda. Baca Juga : Sebelum Daftar CPNS, Ini Tingkatan Golongan PNS yang Harus Kamu Ketahui

Daftar Pustaka Strategi Marketing Pemasaran Politik

Butler dan Collins. 1996. Strategi Pemasaran Politik. Jakarta. Media Grup

Siagian, P. Sondang. 1985. Strategi Politik di Indonesia. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Kasali, Rhenald. 2001. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan