Bingung Peluang Kerja Ilmu Komunikasi Apa Saja? Ini Jawabannya

Peluang Kerja Ilmu Komunikasi
Sarjana ilmu Komunikasi (S.I.Kom)
Peluang Kerja Ilmu Komunikasi
Sarjana ilmu Komunikasi (S.I.Kom)

Bagaimana peluang kerja ilmu komunikasi? apakah prospek kerja lulusan ilmu komunikasi terjamin nantinya? dan apa saja jika saya lulus dari program studi ini yang bisa digeluti? mungkin masih banyak pertanyaan seputar prospek kerja dari jurusan ilmu komunikasi yang berasal dari cabang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini. Baca Juga : Ciri Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Cek Faktanya Disini!

Galau Setelah Lulus Mau Kerja dibagian Mana?

Apakah sekarang kamu calon mahasiswa baru yang ingin mencari tau lowongan kerja apa saja yang didapatkan pada jurusan komunikasi? Atau seorang fresh graduate S.I.Kom mencari informasi lowongan kerja. Oke kita ulas, jadi pada postingan kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai peluang kerja lulusan Ilmu Komunikasi yang lagi Hits. Di era new media dan perkembangan teknologi informasi prospek kerja komunikasi begitu beragam dan sangat dibutuhkan di Indonesia. Lulusan Ilmu Komunikasi saat masih dalam proses belajar mengajar di Universitas Jususan Komunikasi pastinya terdapat pemahaman berbagai teori, mulai dari teori komunikasi antar pribadi, teori komunikasi massa dan jenis – jenis komunikasi yang lain. Bagi Kalian yang ingin atau yang sedang menempuh pendidikan universitas islam negri, universitas negri jurusan komunikasi ataupun swasta.

Inilah Ulasan Lengkap Peluang Kerja Ilmu Komunikasi

1. Menjadi Seorang Produser

Poin pertama jurusan lulusan ilmu komunikasi kemungkinan besar bisa menjadi seorang produser. Seorang produser artinya mempunyai pekerjaan untuk memproduksi sebuah film ataupun sebuah event yang merupakan salah satu keahlian dari seorang sarjana lulusan ilmu komunikasi. Jika kita melihat mahasiswa yang lebih berkonsentrasi dalam bidang broadcasting atau seorang broadcaster pastinya mereka akan sangat paham sekali mengenai produksi sebuah media mulai dari tahap reproduksi, produksi, hingga sampai ke Pasca produksi. Inilah alasan mengapa Sarjana Komunikasi punya peluang besar untuk menjadi seorang produser handal apakah diantara kalian ada yang ingin menjadi produser? Baca Juga : Manfaat Kuliah Sambil Kerja

2. Menjadi Seorang Sutradara Film dll

Prospek Kerja bagi sarjana lulusan ilmu komunikasi selain menjadi produser, namun mempunyai peluang untuk menjadi seorang sutradara. Pastinya kalian kenal atau kalian paham tentang sutradara itu seperti apa dan lain sebagainya, karena memang sutradara identik dengan sebuah film kemampuan merangkai scenario dalam sebuah cerita untuk pembuatan berbagai media baik itu iklan tayangan video atau bahkan sebuah film. Sama seperti konsentrasi pada broadcasting atau seorang broadcaster, seperti yang telah penulis uraikan dalam point produser. sehingga peluang ini sangat terbuka lebar bagi sarjana Lulusan ilmu komunikasi untuk menjadi seorang sutradara handal. Mengapa bisa begitu ? jawabannya simple karena dalam ilmu komunikasi kita akan mendapatkan mata kuliah yang mempelajari secara detail mengenai teori – teori komunikasi ataupun praktek, nah inilah yang menjadi acuan kita mengapa seorang lulusan Ilmu Komunikasi punya peluang besar untuk menjadi seorang sutradara film dan lain sebagainya. Baca Juga : 11 Alasan Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi, Cocok untuk Calon Mahasiswa!

3. Menjadi Seorang Kameramen

Selanjutnya mengenai prospek kerja  bagi seorang mahasiswa lulusan ilmu komunikasi yang memang sangat mencintai konsentrasi dalam bidang broadcasting pada masa kuliah, mempunyai peluang untuk menjadi seorang cameramen. Seperti yang sudah diuraikan di dua poin sebelumnya bahwasanya memang kita dididik untuk mengerti baik dalam cara melakukan komunikasi yang baik, atau secara teori maupun praktek bukan hanya mengenai produksinya saja, akan tetapi sampai hal-hal kecil atau seluk-beluk dari berbagai aspek akan kita pelajari dalam hal ini. Yang terpenting dan yang selalu harus kita ingat bagi seorang kameramen bahwasanya profesi ini sangat dibutuhkan dan sangat penting dalam pembuatan suatu produksi baik itu film, video, tayangan iklan dan lain sebagainya dan sekali lagi penulis ingatkan ini semua Sudah dipelajari dalam mata kuliah sehari-hari jurusan ilmu komunikasi. berniat untuk menjadi seorang cameramen nantinya?

4. Menjadi Seorang Fotografi Profesional

Untuk kalian yang mempunyai hobi mengenai fotografi, sangat cocok untuk masuk jurusan ilmu komunikasi. Karena salah satu peluang besar bagi seorang lulusan ilmu komunikasi adalah fotografer bagi mahasiswa tentu saja fotografer sudah bukan barang baru atau bisa dikatakan teman yang sangat dekat. Dalam berbagai pembuatan media bahkan di era new media, peranan foto sangat penting. kita dituntut agar Sarjana Komunikasi ini mampu memilih, membidik, mengambil, menentukan gambar yang pas sehingga menghasilkan suatu karya seni bernilai tinggi. Sebuah gambar dalam komunikasi visual merupakan salah satu media untuk menyampaikan sebuah pesan. Memang menyampaikan pesan itu bisa berupa verbal non verbal, ataupun visual. Jadi kesimpulannya seorang fotografer bisa menjadi peluang terbaik Anda setelah lulus dari jurusan ilmu komunikasi. Bagaimana ada niat untuk menjadi seorang fotografer yang mampu menampilkan sebuah pesan komunikasi visual menjadi salah satu konten yang lagi hits di era new media kini?

5. Menjadi Seorang Jurnalis

Selanjutnya profesi yang pas untuk lulusan ilmu komunikasi adalah jurnalis atau wartawan. Secara umum jurnalistik merupakan salah satu konsentrasi keilmuan yang dikandung oleh jurusan ilmu komunikasi sehingga sudah sewajarnya atau sudah sepantasnya bagi mahasiswa ilmu komunikasi menggeluti bidang jurnalistik tersebut. Dengan cacatan memang mahasiswa tersebut mengambil konsentrasi ilmu ini, artinya sangat memungkinkan bagi mahasiswa lulusan ilmu komunikasi nantinya menjadi jurnalistik atau wartawan professional, sebagai contoh penulis merupakan salah satu dari mahasiswa komunikasi yang ikut terjun langsung dalam bidang jurnalistik. berniat ingin mengikuti dunia jurnalistik? Baca Juga : Pertimbangkan Hal Ini Jika Kamu Mau Menjadi Jurnalis

6. Menjadi Seorang Penulis.

Selain menjadi seorang jurnalis, mahasiswa ataupun sarjana ilmu komunikasi yang sudah terbiasa dalam hal penulisan, sangat cocok untuk menjadi seorang penulis handal. Mahasiswa komunikasi yang mengambil konsentrasi jurnalistik besar kemungkinan mampu mengembangkan keahliannya menjadi seorang penulis handal. Contohnya bisa menjadi penulis yang inspiratif memberikan informasi-informasi dalam bentuk artikel yang menarik, bahkan besar kemungkinan mempunyai keahlian dalam segi penulisan yang menghibur, contohnya seperti novel, komik, cerita pendek, dan sebagian mahasiswa komunikasi Ada Yang sanggup dan sukses dalam melakukan dalam dunia penulisan yakni seorang skenario atau penulis skenario berbagai new media yang lagi hits. ini menjadi peluang penting atau peluang besar bagi para lulusan ilmu komunikasi.

7. Menjadi Seorang Editor

Setelah kita mengupas, membahas serta menganalisis bahwasanya mahasiswa komunikasi diajari untuk berbicara, diajari untuk merangkai kata dalam hal penulisanan berbagai macam kalimat dengan maksud memberikan informasi dan yang baik atau memberikan substansi yang informative, inspiratif, ini menjadi sebuah peluang kembali bahwasanya seorang mahasiswa komunikasi atau Sarjana lulusan ilmu Komunikasi berkecimpung dalam dunia editor. oleh karena itu begitu besar peluang bagi mereka Sarjana lulusan ilmu Komunikasi yang mempunyai keahlian dalam hal penulisan menjadi seorang editor yang handal. Baca Juga : Tips Masuk Perguruan Tinggi selain SBMPTN yang Patut Dicoba!

8. Seorang Pebisnis Muda

Peluang lulusan ilmu komunikasi juga bisa menjadi seorang pebisnis handal. Dengan modal komunikasi bisnis yang dipelajari waktu di bangku kuliah dapat menciptkan lulusan sarjana komunikasi yang matang dalam dunia bisnis. Jadi Bagaimana? tertarik menjadi pebisnis?

Tulisan ini akan diperbaharui di lain waktu karna masih banyak prospek kerja atau peluang kerja ilmu komunikasi yang belum di ulas, Terimakasih. Baca Juga : Jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang Patut Anda Pertimbangkan, Prospek Kerja Menjanjikan?

Untuk para pembaca yang sedang mencari Lowongan Pekerjaan, Silahkan Kunjungi Website Lowongan Kerja terpercaya seperti Joobstreet dan JobsDB

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan