Jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang Patut Anda Pertimbangkan, Prospek Kerja Menjanjikan?

jurusan sosial politik
Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia
jurusan sosial politik
Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia

JURUSAN SOSIAL POLITIK – Banyak Pilihan Jurusan Pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Indonesia yang bisa kalian pilih untuk melanjutkan keperguruan tinggi negri ataupun swasta. Kenapa harus memilih jurusan yang ada di ilmu sosial dan ilmu politik? Bagaimana Prospek Kerja Ilmu Sosial dan Ilmu Politik? Apakah setelah lulus nanti bisa mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan? Jika memang kamu masih bingung dan sedang mencari jawabannya. Silahkan pahami setiap poin kenapa masuk jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik beserta prospek kerjanya.

Macam – Macam Jurusan di Fakultas Sosial Politik

Ada banyak sekali jurusan sosial dan ilmu politik, jurusan tersebut masuk pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada , Universitas Lampung dan Universitas Negri di Indonesia pasti memiliki fakultas tersebut. Disini penulis akan merangkum alasan banyak calon mahasiswa masuk fisip sehingga memantapkan niat kamu untuk mengambil salah satu kursi di bangku kuliah yang ada di jurusan sosial politik

Ciri Mahasiswa Ilmu Komunikasi
Mahasiswa Ilmu Komunikasi sedang melakukan praktek Siaran TV

1. Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi

Salah satu jurusan favorit di fisip adalah jurusan ilmu komunikasi. Di jurusan Sosial Politik pada ilmu komunkasi ini kita akan di ajari bagaimana mengemas sebuah pesan agar tersampaikan dengan benar. Mempelajari ilmu menulis, seni berbicara, seni mendengarkan, komunikasi politik, komunikasi antar budaya komunikasi visual dan masih banyak lagi yang dipelajari di jurusan ilmu komunikasi. Kalian jangan khawatir dengan prospek kerja lulusan ilmu komunikasi, karna di tengah perkembangan zaman, lulusan ilmu komunikasi sangat di butuhkan, sehingga kamu tak akan pernah menyesal masuk jurusan ini. Baca Juga : 11 Alasan Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi, Cocok untuk Calon Mahasiswa! Berminat masuk fisip jurusan Ilmu Komunikasi? Baca Juga : Ciri Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Cek Faktanya Disini!

2. Masuk Jurusan Ilmu Pemerintahan

Sesuai dengan nama fisip yakni fakultas yang membahas ilmu sosial dan ilmu politik. Bagi kalian yang ingin mendalami salah satu bidang ke ilmuan yang berhubungan dengan pemerintahan, sangat di rekomendasikan mengambil jurusan ilmu pemerintahan. Salah satu prospek kerja yang paling terkenal adalah banyak alumni dari ilmu pemerintahan yang menduduki jabatan strategis, sehingga bisa kalian contoh, tapi ingat semua sesuai dengan apa yang kalian lakukan saat menjadi mahasiswa ya, ada juga lulusan ilmu pemerintahan yang mengabdikan diri menjadi seorang dosen. Jadi kalian minat masuk fisip jurusan ilmu pemerintahan?

3. Masuk Jurusan Ilmu Sosiologi

Ilmu sosiologi juga menjadi jurusan yang sangat banyak peminatnya setiap tahun. Seperti namanya, sosiologi lebih mempelajari fenomena sosial, kalian akan didik menjadi mahasiswa yang peka dengan lingkungan sosial, sehingga banyak lulusan sosiologi yang menjadi peneliti di beberapa tempat, namun tidak menutup kemunkinan banyak juga lulusan ilmu sosiologi duduk di kursi pemerintahan, karna ilmu sosiologi juga masih mempunyai kaitan yang kuat dengan kepemerintahan. Minat masuk fisip jurusan Sosiologi?

4. Masuk Jurusan Hubungan Internasional

Wah bagi kalian yang bercita – cita menjadi diplomat handal, sudah sewajarnya memilih jurusan hubungan internasional. Karakter mahasiswa hubungan internasional terkenal Open mind, karna memang meraka nantinya akan berhubungan dengan orang-orang baru dari berbagai negara. Meskipun begitu prospek kerja bagi lulusan hubungan internasional itu bermacam – macam. Ada yang menjadi Duta Besar, International Officer, Peneliti, Konsultan Internasional dan masih banyak lagi prospek kerja yang potensial bagi kalian yang lulus di jurusan hubungan internasional ini. Minat Masuk Fisip Jurusan Hubungan Internasional?

5. Masuk jurusan Administrasi Bisnis

Seperti namanya, mahasiswa di jurusan ini berfokus mengenai penyusunan segala bentuk administrasi, termasuk dalam dunia perpajakan, sehingga banyak mahasiswa dari jurusan ini nantinya terjun keberbagai lembaga-lembaga tertentu yang membutuhkan lulusan dari admnistrasi bisnis. Dibeberapa tempay, jurusan administrasi bisnis cukup banyak peminatnya. Jadi kalian minat masuk fisip jurusan Administrasi Bisnis?

Baca Juga : Tips Masuk Perguruan Tinggi selain SBMPTN yang Patut Dicoba!

6. Masuk Jurusan Administrasi Negara

Adalagi salah satu jurusan di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik yang membahas mengenai administrasi, salah satunya administrasi negara. Kebanyakan pada mahasiswa Administrasi negara membahas tentang prosesdur pembukuan di pemerintahan. Jadi kalian yang mau atau sedang kuliah di jurusan Administrasi Negara, besar kemungkinan bisa bekerja di instansi pemerintahan, termasuk ke posisi – posisi strategis lainnya. Jadi Kalian Minat masuk fisip jurusan Administrasi Negara?

Itu tadi, 6 Jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Sebenarnya jika kita lihat, tidak terlalu banyak perbedaan antara tiap jurusan di fisip. Karna memang semua membahas tentang sosial yang memang kita selalu berada pada lingkungan ini tiap saat. Sangat cocok untuk kalian yang dulunya saaat masih SMA mengambil konsentrasi IPS. Tapi jangan khawatir, masuk fisip tidak hanya dari lulusan jurusan IPS loh. Banyak siswa yang dulunya memiliki peminatan di IPA malah mengambil jurusan atau pilihan di Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Poltik.

Terlebih lagi, mahasiswa Fisip mempunyai ciri-ciri yang khas. Banyak mahasiswa Fisip hebat di berbagai bidang sosial, organisasi dan lain sebagainya. Bahkan banyak ketua – ketua Bem di Universitas yang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Tertarik Untuk Masuk Fakultas Sosial Politik?

Baca Juga : Daftar SBMPTN 2020? ini 7 (Tujuh) Poin Mudah Lulus Bagi Pejuang SBMPTN 2020

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan