Tips Masuk Perguruan Tinggi selain SBMPTN yang Patut Dicoba!

Tips Masuk Perguruan Tinggi

Bantu Share Ya Sahabat :


Tips Masuk Perguruan Tinggi
Ilustrasi mahasiswa segera lulus | Riski Firmanto

Tips Masuk Perguruan Tinggi selain SBMPTNSeleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri (SBMPTN) memang selalu memakan banyak korban setiap tahunnya, begitu juga tahun ini pasti sangat banyak putra putri Indonesia yang kecewa karena gagal masuk ke Perguruan Tinggi Idaman melalui jalur SBMPTN, bukan hanya itu gagal SBMPTN yang paling menyedihkan adalah ketika harus melihat wajah orang tua yang sudah bekerja keras untuk membiayai semua kebutuhanmu, tetapi percayalah mereka tidak akan pernah menyerah terhadap mu dia(orang tua mu) pasti akan selalu mendorong mu agar bisa menjadi sukses, karena sukses mu adalah kebahagiaanya dan kesuksesannya juga.Disini saya kami akan mencoba memberi saran apa yang harus saya lakukan kalo gagal SBMPTN, sebenarnya gak SBMPTN aja sih ini mencakup semua. (Baca Juga: Daftar SBMPTN 2020? ini 7 (Tujuh) Poin Mudah Lulus Bagi Pejuang SBMPTN 2020)

Semangat Pasca Gagal SBMPTN! Simak Tips Ini Untuk Kalian.

Ujian Mandiri

Ini merupakan alternatif pertama ketika gagal SBMPTN, setelah diumumkannya SBMPTN dan kamu mendapat informasi kalo kamu dinyatakan tidak lulus, lebih baik hari itu juga silahkan cari Informasi ujian Mandiri atau ujian yang penyelenggaranya adalah Universitas itu sendiri, jika di Sumatera ada UMB-PT yang diikuti beberapa Perguruan Tinggi Negeri seperti USU, UNSYIAH, UNAND dll ujian UMB-PT juga tidak hanya dilaksanakan di satu tempat kita bisa bebas memilih lokasi ujian berdasarkan daerah penyelanggara terdekat. Jika di Jawa saya mendengar jika ITS melaksanakan ujian seleksi mahasiswa baru tanpa ujian lagi, ya betul sekali kita tidak perlu lagi pergi ke lokasi ngabisin ongkos atau harus mengulang semua pelajaran kita hanya perlu mengandalkan nilai SBMPTN semalam karena bakal diranking berdasarkan nilai SBMPTN. Jadi mendingan pantengin website resmi Perguruan Tinggi yang lo pengen. (Baca Juga: 11 Alasan Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi, Cocok untuk Calon Mahasiswa!)

Ikuti Seleksi Politeknik

Ikuti UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri) yang terdekat dari asal mu, biasanya sih setiap provinsi pasti punya Politeknik. Politeknik tidak kalah saing sama Universitas terkadang ada yang mengatakan kalo Politeknik lebih mudah mencari pekerjaan, program atau jurusannya juga tidak buruk rata-rata untuk siap kerja semua.Materi ujian masuk ke Politeknik mencakup Fisika, Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia terus kalo ujian Politeknik waktunya lumayan longgar tapi tetap pakai sistem minus untuk setiap soal yang salah. (Baca Juga: Ciri Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Cek Faktanya Disini!)

Cari Rekrutmen

Jika kamu gagal SBMPTN ada baiknya kamu banyak-banyak browsing agar dapat banyak informasi yang mungkin orang gak tau, contohnya adalah Rekrutmen PLN,INALUM dan BUMN lainnya.Rekrutmen yang untuk tamatan SMA biasanya akan diseleksi beberapa tahap, setelah melewati semua tes maka akan menjalani Diklat(Pendidikan Kilat) biasanya paling lama cuma 1 tahun terus magang di Perusahaan tersebut.Gaji dilingkungan BUMN jangan ditanya apalagi PLN atau Pertamina jauh diatas PNS.

Perguruan Tinggi Swasta

Perguruan Tinggi Swasta mungkin memang akan menyedot banyak biaya, minimal 6 juta/semesternya, tetapi ada juga Univ Swasta yang tidak terlalu mahal, katanya sih semakin mahal Univ nya semakin bagus kualitasnya sebaliknya jika semakin murah ya kualitasnya juga seadanya.

Berikut ini adalah contoh-contoh Univ swasta bergengsi:
Univ.Trisakti, Telkom, Mercubuana, Gunadarma dan masih banyak lagi, semua Universitas tersebut menawarkan jurusan-jurusan yang bergengsi dan lapangan kerja yang luas.

Mulai Membuang Ego

Jika kamu ingin sukses mulailah membuang semua yang bersangkutan dengan gengsi, karena sangat banyak teman-teman sekarang yang hanya memikirkan gengsi Universitasnya dari pada kesesuaian minat dan bakat terhadap jurusannya, contohnya si A dapat Ilmu perspustakaan di Universitas Indonesia padahal itu bukanlah minatnya, tetapi dia tetap mengambil jurusan tersebut karena gengsi Universitasnya. Jadi sekarang jika ingin mengikuti ujian mandiri, politeknik ataupun Univ Swasta lebih baik pilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat baru pilih Universitasnya dengan mengukur kemampuan sendiri

Kamu Gagal Tidak Sendiri, Tetap Semangat!

For Your Information yang lulus SBMPTN cuma sekitar 17-18% dari semua peserta jadi sangat banyak peserta yang gagal dari Sabang sampai Marauke kamu hanya harus memilih membiarkan kegagalan ini mengahancurkanmu atau membuat kegagalan itu menjadi pengalaman berharga yang pasti akan menjadi kekuatanmu untuk mengahadapi kegagalan-kegagalan yang masih banyak di depan, kegagalan ini belum apa-apa masih banyak hal yang lebih buruk menanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *