Daftar SBMPTN 2020? ini 7 (Tujuh) Poin Mudah Lulus Bagi Pejuang SBMPTN 2020

pejuang sbmptn 2020

Bantu Share Ya Sahabat :


daftar sbmptn 2020
Siap SBMPTN!

Selamat Siang adik – adik pejuang SBMPTN Tahun 2020. Apa itu SBMPTN? SBMPTN singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri. SBMPTN adalah salah satu jalur yang di sediakan untuk masuk keperguruan tinggi negri di Indonesia. Kalian yang sekarang sedang duduk di bangku kelas 12, pasti sedang mempersiapkan diri untuk masuk Perguruan Tinggi Negri impian masing – masing .
Artikel ini khusus untuk adik – adik kelas 12 ataupun yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Lalu apa saja persiapan agar sukses SBMPTN yang mudah, simple dan gak bikin repot . Mari kita bahas satu persatu

1. Persiapan Mental Pejuang SBMPTN 2020

Mental pejuang harus yang pertama kita siapkan, karna SBMPTN berbeda dengan UN (Ujian Nasional), disini kalian akan berlomba untuk memasuki Perguruan Tinggi Negri impian masing – masing. Dan saingan kalian sekarang bukan hanya teman sebangku atau teman satu sekolah, tapi sudah menyeluruh se-Nusantara, jadi jika kalian tidak mempersiapkan mental terlebih dahulu pasti akan menjadikan hasil kita kurang maksimal. (Baca Juga: 11 Alasan Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi, Cocok untuk Calon Mahasiswa!)

2. Rajin Bertanya dengan yang lebih ahli

Rajin bertanya dengan Guru ataupun Kakak Tingkat yang sudah duluan masuk ke PTN (Perguruan Tinggi Negri) adalah salah satu yang harus dilakukan, karna penulis yakin banyak yang masih bingung dengan SBMPTN, seperti bagaimana situasinya, bagaimana persaingannya, atau bagaimana soal-soal SBMPTN tersebut. (Baca Juga: Tips Masuk Perguruan Tinggi selain SBMPTN yang Patut Dicoba!)

3. Manfaatkan Internet untuk mencari hal yang dibutuhkan

Sekarang sudah Zaman Now, semua tersedia di internet. Banyak web yang menyediakan kertas soal SBMPTN, kalian unduh lalu bisa dikerjakan dirumah. Mudah kok, asalkan mau berusaha untuk mencari kebutuhan kalian tersebut. di YouTube juga banyak ulasan materi, zaman sekarang pasti sudah canggih Gadget yang kalian gunakan, ayo kurangi main Mobile Legend atau AOV nya. Sekarang mulai fokus SBMPTN. (Baca Juga: Ciri Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Cek Faktanya Disini!)

4. Kerjakan Soal SBMPTN Tahun Lalu

Ini sebenernya masuk kedalam poin ke 3 tentang memanfaatkan internet, bedanya kita mengerjakan soal SBMPTN nya langsung, bisa juga dengan membeli buku SBMPTN ataupun meminta dengan saudara atau kenalan yang tahun kemarin ikut SBMPTN. Mulai kita pahami pola soal-soal SBMPTN, jangan malas agar hasilnya bisa memuaskan untuk kalian masing-masing.

5. Review Materi –Materi yang menjadi Poin di SBMPTN

Kalian harus rajin mereview materi – materi SBMPTN, inget pepatah lama aja guys, yang susah jadi mudah karna terbiasa. Jadi harus rajin – rajin, gak harus lama kok, sehari 30 menit untuk belajar ya cukup lah. Dari pada pas mau SBMPTN baru belajar, mending di cicil kayak gini. Ya bagi yang kebiasaannya males belajar, jangan khawatir. Banyak cara lain kok dek, salah satunya memahami pola yang di ujikan. Jujur saja, SBMPTN tahun kakak dulu polanya seperti TTS, gampang kok. Tinggal dinikmati aja setiap proses yang ada.

6. Try Out Mandiri

Setelah kita melakukan ke 5 poin di atas, sudah saatnya kita Try Out Mandiri. Nah ini gunanya untuk mengukur kemampuan kita seperti apa, ingat niat yang setengah – setengah gak pernah berakhir memuaskan. Jadi kalian harus lakuin ini, jangan sampai menyesal di akhir dan kandas harapan kalian masuk PTN impian.

7. Evaluasi Kesalahan dan Kelemahan

Nah dalam poin nomor tujuh, ini tahap evaluasi diri. Apa yang udah dilakuin ada bagusnya kita evaluasi agar mengahasilkan akhir yang maksimal. Apa yang masih bingung, apa yang menjadi kendala, apa yang menjadi kelemahan harus kita tindaki dengan serius, jangan pernah menyepelekan hal kecil bisa aja hal kecil tersebut malah menjadi boomerang bagi kita.

Jadi itu 7 Poin simple yang harus kalian miliki, gak usah takut dengan SBMPTN. Niat yang bagus, siapkan dari jauh-jauh hari dan semoga kalian lulus di PTN Impian masing – masing ya. Salam dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Lampung, pejuang SBMPTN 2015. Semoga semuanya sukses dan berhasil.

Sampai jumpa.

Penulis : Riski Firmanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *