Dasar-dasar Invesitasi : Tujuan, Manfaat dan Jenis Investasi

manfaat dan jenis investasi

Bantu Share Ya Sahabat :


manfaat dan jenis investasi

Ilustrasi | Riski Firmanto

Dasar-dasar Investasi : Tujuan, Manfaat dan Jenis Investasi – Kita sering mendengar kata investasi, definisi Investasi adalah proses menempatkan uang di beberapa media seperti saham atau obligasi dengan harapan menerima beberapa manfaat di masa depan. Ada banyak sekali manfaat investasi untuk Anda yang memang menginginkan penghasilan besar dimasa depan. Namun hal yang harus diperhatikan kembali mengenai langkah awal atau dasar-dasar investasi yang harus dipahami terlebih dahulu.

Bagaimana memulai berinvestasi?

Selama dana yang dibutuhkan untuk berinvestasi ada, maka akan sangat mudah untuk memulai berinvestasi. Dana tersebut tentu sebaiknya bukan dari dana untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan pernah berinvestasi pada sesuatu yang tidak yakin, itulah cara tercepat untuk kehilangan uang. Sebaliknya, belajarlah sebanyak mungkin tentang pasar, berbagai jenis surat berharga, dan berbagai strategi trading. (Baca Juga: Cara Investasi Saham Bagi Pemula Mudah Dipahami)

Langkah Awal Investasi: Apa Tujuan Dan Manfaat Investasi?

Ingatlah bahwa dalam memulai niat untuk berinvestasi, Anda harus menentukan tujuan investasi terlebih dahulu. perlindungan yang mereka berikan dari pajak. Tujuan Investasi lebih condong kearah mengatur sifat untuk program investasi, dan mereka memainkan peran utama dalam menentukan seberapa besar kemungkinan seseorang akan bersikap konservatif dalam pengambilan keputusan investasi. Sehingga dalam hal ini tujuan investasi adalah untuk meningkatkan pendapatan saat ini, menabung untuk pembelian besar, mengakumulasi dana untuk pensiun, mencari perlindungan dari pajak, dan lainnya.

Manfaat dari investasi sesuai dengan tujuan investasi yang sudah dijabarkan di atas, Anda nantinya akan memetik sendiri hasil dari apa yang kalian tanam. Pundi-pundi uang akan mengalir begitu saja jika anda sukses dalam berinvestasi. Penulis sangat merekomendasikan investasi emas perhiasan ataupun emas logam mulia, karna menurut penulis investasi emas sangat menguntungkan melihat perkembangan zaman saat ini

Dasar Investasi : Apa Saja Jenis-Jenis Investasi Yang Harus Di Pahami?

Saham biasa

Saham biasa pada dasarnya suatu bentuk ekuitas. Sebagai investasi, mereka mewakili kepemilikan dalam sebuah perusahaan. Yang harus Anda ketahui bahwa setiap saham biasa melambangkan posisi kepemilikan fraksional dalam suatu perusahaan tersebut. satu saham yang diberikan berhak atas partisipasi yang sama laba korporasi dan dividen, suara yang sama, dan suara yang sama dalam manajemen.

Obligasi

Obligasi adalah kewajiban. pemegang obligasi sebenarnya meminjamkan uang kepada penerbit. Menerbitkan obligasi pemerintah atau perusahaan yang membayar kembali menyatakan, disebut bunga. ketika individu berinvestasi di obligasi, ia menerima pendapatan bunga yang ditetapkan, biasanya dibayarkan setiap 6 bulan, ditambah pengembalian nilai pokok obligasi pada saat jatuh tempo. Obligasi dapat dibeli atau dijual sebelum jatuh tempo dengan harga yang dapat berbeda dari nilai nominalnya karena harga obligasi.

Preferred dan Convertibles

Preferred dan Convertibles adalah bentuk surat berharga hybrid dalam masing-masing memiliki karakteristik dari saham dan obligasi, mereka adalah silang antara kedua investasi tersebut. Preferreds diterbitkan sebagai saham dan, dengan demikian, merupakan posisi ekuitas di sebuah perusahaan. Tidak seperti saham biasa, namun, preferreds memiliki tingkat dividen menyatakan, pembayaran yang diberikan preferensi atas dividen kepada pemegang saham biasa. Converttibles adalah jenis khusus dari kewajiban pendapatan tetap yang membawa fitur konversi memungkinkan investor. Oleh karena itu, convertible memberikan manfaat pendapatan tetap obligasi (bunga) sementara menawarkan potensi apresiasi harga saham biasa (capital gain).

Reksa Dana

Reksa Dana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekelompok atau sekumpulan para investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang ada di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupunefek/sekuriti lainnya.

Properti

Terdapat banyak bentuk dalam investasi pada properti, mulai dari spekulasi tanah mentah menjadi saham kemitraan terbatas di properti komersial, bahkan real estate reksa dana. Penghasilan dari properti didapat dari sewa, capital gains, dan keuntungan pajak tertentu. Investasi ini menjadi populer beberapa tahun belakangan ini.

Investasi Online

Dizaman sekarang internet merupakan kekuatan utama dalam dunia investasi. Ia telah membuka dunia investasi untuk investor individu, meratakan lapangan bermain dan menyediakan akses ke alat dan informasi pasar yang sebelumnya terbatas pada profesional. Tidak hanya dapat perdagangan semua jenis sekuritas secara online, juga dapat menemukan banyak informasi, dari real time harga saham laporan penelitian analis sekuritas.

Investor dapat menggunakan internet untuk mengembangkan rencana keuangan dan menetapkan tujuan investasi, menemukan efek yang memenuhi tujuan investasi, menganalisis potensi investasi, dan mengatur portofolio tersebut. Banyak dari alat tersebut (dan digunakan hanya manajer uang profesional) bebas untuk siapa saja yang ingin pergi online. Kenyataanya, mudah, nyaman, dan rendah cara biaya diperdagangkan. Tapi untuk beberapa investor, daya tarik perdagangan saham online adalah menarik bahwa mereka menjadi pedagang hari.

Jadi setelah mengetahuinya, apakah Anda berniat untuk melakukan investasi?

Referensi : Academia Education

2 thoughts on “Dasar-dasar Invesitasi : Tujuan, Manfaat dan Jenis Investasi”

  1. Rizal Ramadhan berkata:

    Sip,artikel bermanfaat mas

  2. Sip Artikelnya Gan, Lengkap dan bermanfaat

Tinggalkan Balasan