Apa Saja Jalur Masuk Kuliah Negri di Indonesia? Ini Jawaban dan Ulasannya

jalur masuk kuliah
Jalur Masuk Kaliah yang bisa Kamu pertimbangkan.
jalur masuk kuliah
Jalur Masuk Kaliah yang bisa Kamu pertimbangkan.

Setiap tahun kalender pendidikan di perbaharui untuk setiap jalur masuk kuliah. Jalur masuk adalah pintu awal kalian untuk menikmati dunia kampus yang menjadikan kamu sosok yang dapat di andalkan dan professional sesuai bidang masing-masing. Ada banyak jalur masuk kuliah yang bisa kalian pilih serta setiap jalur masuk punya mekanisme dan jadwal sendiri. Hal tersebut dapat menambah peluang kamu agar dapat di terima pada Perguruan Tinggi pilihan masing-masing.

Bagi kalian yang sedang duduk dibangku sekolah kelas 12, sudah sewajarnya setelah ini mau melanjutkan dalam dunia akademi untuk masuk keperguruan tinggi negri ataupun swasta terlebih dahulu, mencari pekerjaan ataupun pengalaman, atau sudah ada sebagian yang bersiap-siap untuk menikah muda. Nah dalam artikel ini, penulis akan menginformasikan Jalur Masuk Kuliah di Perguruan Tinggi Negri di Indonesia. Mari kita bahas satu persatu poin-poin pentingnya.

Macam-macam Jalur Masuk Kuliah Negri di Indonesia

1. Jalur Masuk SNMPTN

Jalur masuk SNMPTN merupakan salah satu jalur untuk masuk ke PTN (Perguruan Tinggi Negri) yang kalian impikan. SNMPTN kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri. Jalur ini menjadi primadona bagi kebanyakan siswa di Indonesia. Jalur masuk SNMPTN merupakam undangan resmi dari PTN, sehingga siswa bisa masuk TANPA TES dengan catatan kalian mempunyai prestasi yang mendukung baik akademik ataupun non akademik. Penilaian SNMPTN ini yaitu dengan melihat nilai Lapor dari semester 1 (satu)  sampai dengan 5 (lima) untuk MA/SMA/SMK sederajat. Serta semester 1 (Satu) sampai dengan 7 (Tujuh) bagi siswa SMK yang menempuh masa study selama 4 (Empat) Tahun.

Disini kalian harus dari masuk SMA mempersiapkannya agar bisa masuk PTN impian kalian masing-masing. Beruntung bagi kalian yang baru masuk SMA membaca artikel ini, atau silahkan kalian bagikan artikel ini ke adik – adik kelas kalian. Baca Juga : Jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang Patut Anda Pertimbangkan, Prospek Kerja Menjanjikan?

2. Jalur Masuk PMDK PN

Jalur Masuk PMDK PN merupakan jalur kedua yang kita bahas, PMDK PN kepanjangan dari Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negri. Jalur ini di peruntukan untuk kalian yang prosedurnya mirip dengan SNMPTN.  Jalur ini bagi kalian yang ingin masuk di bidang Vokasi atau Politeknik Negri Se-Indonesia.

Karna PMDK PN ini mirip dengan SNMPTN, kalian tidak harus menghadapi ujian tertulis, cukup dengan mendaftar ke websait PMDKN PN dan meng-Input nilai semester 1 sampai dengan 5. Dan seperti pembahasaan kita di poin pertama, beruntung jika kalian masih kelas 10. Bisa mempersiapkan diri agar bisa masuk PTN impian kalian masing-masing. Baca Juga : 11 Alasan Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi, Cocok untuk Calon Mahasiswa!

3. Jalur Masuk SBMPTN

soal tps utbk
Jalur Masuk SBMPTN

Dalam Poin yang ke Tiga ini, kita membahas SBMPTN. SBMPTN kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri, SBMPTN menjadi ajang bagi seluruh siswa se-Nusantara yang ingin melanjutkan kuliah di PTN impian masing-masing. Jalur SBMPTN ini biasanya di gelar tidak jauh setelah Pengumuman SNMPTN. Jadi bagi kalian yang tidak lulus SNMPTN, kalian masih ada kesempatan melalui jalur ini. Namun bedanya, kalian akan menghadapi berbagai Tes, seperti Ujian Tertulis ataupun Ujian Praktek. sejak tahun 2018, terjadi perubahan dalam SBMPTN, baik cara pelaksanaanya yang sekarang ada yang berbasis Komputer dan yang tertulis. Serta cara penilaiannya yang berbeda seperti tahun sebelumnya. Sementara untuk tahun 2020, terkait wabah Corona atau Covid 19, hanya di terapkan tes TPS saja. Baca Juga : Tips dan Kumpulan Soal TPS UTBK SBMPTN Lengkap Untuk Calon Mahasiswa Baru 2020

Semangat, kalian pasti bisa melalui tahapnya. Iktiar dengan sungguh – sungguh dan berdoa ya adik-adik.

4. Jalur Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan

Jalur Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan ini bekerjasama dengan lembaga pemerintahan atau kementrian. Dalam PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan) ini, biasanya mendapatkan uang saku, biaya yang cukup terjangkau, dan yang semi militer. Contoh contohnya seperti IPDN (Institut Pendidikan Dalam Negri) , Sekolah Tinggi Sandi Negara, Sekolah Tinggi Ilmu Statistika dan masih banyak lagi. Baca Juga : Tips Masuk Perguruan Tinggi selain SBMPTN yang Patut Dicoba!

Informasi lebih lengkap bisa kalian akses di PTK yang kalian impikan.

5. Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP)

Jalur masuk kuliah selanjutnya adalaha PMPAP. PMPAP merupakan salah satu jalur masuk Universitas Lampung (Unila) yang bertujuan memberikaan peluang lebih kepada lulusaan SMA/SMK/MA Sederajat khususnya lulusan dari Provinsi Lampung. Program ini lebih menitikberatkan kepada mahasiswa golongan ekonomi menengah kebawah berprestasi yang dapat dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu dan surat keterangan penghasilan yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang serta didukung oleh sertifikat prestasi lainnya.

Agar bisa mendaftar dalam program PMPAP ini maka kalian harus memenuhi persyaratan berikut:

  1. Berasal Dari Lulusan SMA/MA/SMK/MAK Di Provinsi Lampung
  2. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2017, 2018, dan 2019 (SKHUN). Lulusan tahun 2017 dan 2018 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK.
  3. Mendaftar Secara Online dilaman Resminya (Cek Ke-laman Resmi di Sini)
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
  5. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
  6. Tidak pernah tinggal kelas selama tiga tahun berturut-turut.
  7. Pendidikan orangtua / wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  8. Jalur Masuk Mandiri untuk PTN/PTS

Jalur ini merupakan jalur yang dikelola mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi maupun swasta. Untuk pelaksanaannya biasanya dilakukan setelah SBMPTN. Namun pada beberapa perguruan tinggi melaksanakan ujian ini sebelum pelaksanaan SBMPTN. Jadi jangan khawatir saat SNMPTN ataupun SBMPTN belum lolos. Karna masih banyak peluang agar kalian tembus di PTN impian.

Baca Juga: Ciri Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Cek Faktanya Disini!

7. Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM-PTN Barat)

Sama halnya dengan Jalur Masuk Mandiri, SMM-PTN Barat juga menggunakan test tertulis. Rektor PTN yang tergabung dalam Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Wilayah Barat (BKS Wilayah Barat) sepakat untuk bekerjasama dalam hal penerimaan mahasiswa jalur mandiri yang dilaksanakan serentak oleh 16 PTN di wilayah barat Indonesia yaitu:

Nah itu tadi Jalur – Jalur masuk kuliah yang bisa kalian manfaatkan jika ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negri. Setelah membaca artikel ini, sudah siapkah masuk melalui pintu tersebut, semua bisa dilalui jika mau berusaha, semangat dan semoga sukses!! Baca Juga : Daftar SBMPTN 2020? ini 7 (Tujuh) Poin Mudah Lulus Bagi Pejuang SBMPTN 2020

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan