Menu Tutup

11 Jurusan Teknik yang Dapat Kalian Pertimbangkan, Prospek Kerja Menjanjikan?

Prospek kerja jurusan teknik
Prospek kerja jurusan tehnik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Kamu tahu jurusan di bidang teknik? Banyak yang beranggapan bahwa masuk jurusan teknik memiliki jenjang karir paling cerah dimasa depan. Jurusan teknik memang sering kali menjadi bidang ilmu favorit di Universitas Negri dan Swasta di Indonesia. Apa saja prospek kerja jurusan teknik informatika, industri, sipil, kimia dan jurusan teknik lainnya? Berikut ulasan mengenai jurusan teknik. Baca Juga : Jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang Patut Anda Pertimbangkan, Prospek Kerja Menjanjikan?

1. Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

Dimasa kini, mesin menjadi alat bantu untuk meningkatkan produktifitas dari setiap perusahaan. Untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang teknik mesin. Jadi bagi kamu yang ingin berkarir dalam bidang ilmu teknik mesin sangat cocok sekali masuk jurusan tersebut. Apalagi jurusan teknik mesin rata-rata lulusannya bisa masuk kedalam perusahaan industri, teknologi, pertambangan,otomotif dan masih banyak lagi. Tertarik untuk masuk jurusan teknik mesin? Apakah menurut kalian prospek kerja lulusan teknik mesin menjanjikan?

2. Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil

Mendengar kata sipil pasti identik dengan proyek insfrastruktur. Ups, disini kita bukan membahas proyek-proyek ya. Untuk prospek kerja jurusan teknik sipil menurut penulis sangat menjanjikan. Pada jurusan ini kalian berlajar mengenai pembangunan, renovasi gedung, jembatan, jalan dan masih banyak lagi. Ilmu ini sangat penting untuk membangun negara dalam bidang insfrastruktur dan ekonomi. Prospek kerja untuk lulusan jurusan teknik sipil diantaranya kalian bisa masuk BUMN, BPN, dan masih banyak lagi dibidang insfrastruktur. Mau menjadi salah satu lulusan teknik sipil?

3. Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika bisa menjadi bahan pertimbangan kamu. Dengan kemajuan teknologi sekarang, banyak dibutuhkan ahli-ahli dibidang Informasi dan Teknologi. Disini kalian mempelajari coding dan programming. Sangat cocok untuk kalian yang hobi dengan hal-hal baru, penemuan baru, dan pengembangan alat baru. Untuk lulusan teknik informatika, kalian bisa menjadi bagian dari BUMN, Perusahaan Swasta, Tenaga pengajar, dan masih banyak lagi peluang kerja lulusan teknik informatika. Punya keinginan masuk jurusan teknik informatika? Baca Juga : Tips Masuk Perguruan Tinggi selain SBMPTN yang Patut Dicoba!

4. Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Pada jurusan teknik industri, kalian akan mempelajari mengenai proses menejemen industri pada perusahan dan sejenisnya. Dari pelajaran tersebut menjadikan prospek kerja lulusan teknik industri sangat luas cakupannya. Mulai dari industri kecil sampai dengan industri besar-besaran. Pekerjaan yang menjanjikan untuk lulusan industri bisa bergerak di divisi produksi, divisi spesialisasi teknik industri, bahkan bisa menjadi HRD nya langsung loh. Mau masuk jurusan teknik industri?

5. Prospek Kerja Jurusan Teknik Nuklir

Berbicara mengenai nuklir, mungkin kita teringat dengan senjata pemusnah masal seperti bom atom. Tapi bukan itu yang kita bahas, ada jurusan dibidang ilmu teknik mempelajari mengenai nuklir. Ilmu-ilmu tersebut diantaranya mempelajari inti atom dengan pendekatakan prinsip-prinsip ilmu fisika nuklir mengenai interaksi antara radiasi serta matrial sebagai dasarnya. Ilmu nuklir ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu medis, pembangkit listrik serta energi lainnya. Prospek kerja dari jurusan teknik nuklir ini juga menjanjikan, kalian bisa berkarir di BUMN seperti PLN, PLTN, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Pertamina dan masih banyak lagi. Tertarik masuk jurusan teknik nuklir? Baca Juga : 11 Alasan Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi, Cocok untuk Calon Mahasiswa!

6. Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Teknik elektro, nama yang sangat identik dengan kelistrikan. Memang jurusan teknik elekro mempelajari mengenai sifat-sifat elekton yang sering kita kenal dengan kata listrik. Dengan kalian masuk jurusan elektro, kalian akan mempelajari pengembangan energi listrik untuk kehidupan sehari-hari ditengah masyarakat. Untuk prospek kerja lulusan teknik elektro, bisa masuk BUMN terutama PLN dan sejenisnya, atau pada perusahaan bagian teknisi telekomunikasi, navigasi, bahkan robotik termasuk salah satu peluang dari jurusan teknik elektro. Mau mengambil jurusan teknik elektro setelah lulus sekolah menengah akhir?

7. Prospek Kerja Jurusan Teknik Perminyakan

prospek kerja jurusan teknik perminyakan
Teknik perminyakan ilustrasi.

Prospek kerja untuk teknik perminyakan biasanya di sektor migas. Apalagi minyak menjadi sumber daya alam tingkat tinggi untuk nilainya di dunia. Jika sumber daya manusia kita semakin banyak, otomatis bisa mememanfaat SDA dengan maksimal, guna mengembangkan sektor minyak di negara kita. Jadi jurusan ini sangat penulis sarankan. Tertarik masuk jurusan teknik perminyakan?

8. Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

Mengenai jurusan teknik lingkungan, disini kalian mempelajari ilmu-imu lingkungan. Belajar untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas penyakit dengan bantuan teknologi serta teknik-teknik lainnya. Peluang usaha atau kerja untuk lulusan sarjana teknik lingkungan, biasanya meliputi industri-industri pertambangan, petrokimia, minyak dan masih banyak lagi. Baca Juga : Tips Masuk Perguruan Tinggi selain SBMPTN yang Patut Dicoba!

9. Peluang Kerja Jurusan Teknik Kimia

Poin kesembilan mengenai jurusan teknik kimia. Pada jurusan teknik kimia kalian mempelajari ilmu-ilmu kimia tentang proses dan cara mengubah bahan baku zat kimia tersebut menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual atau komersil. Peluang usaha lulusan teknik kimia sangat luas, mulai dari farmasi, industri kimia, konsultan dan masih banyak lagi. BUMN juga bisa jadi salah satu pilihan kalian.

10. Peluang Kerja Jurusan Teknik Perkapalan

Perkapalan, berminat masuk jurusan teknik perkapalan? Apalagi Indonesia dikenal dengan negara maritim. Negara maritim menjadikan kapal punya peran penting dalam sektor ekonomi bahkan pertahanan. Dengan kalian menjadi salah satu sumber daya manusia yang memiliki bidang ilmu perkapalan, peluang usaha terbuka lebar. Kalian bisa membuat kapal baru, bisnis pengoprasian armada kapal dan segala jenis usaha yang berkaitan dengan kapal. Bahkan jika berminat, bisa saja kamu menjadi perwira TNI AL, apalagi biasanya ada pembukaan pendaftaran disana. Cocok untuk kalian yang ingin mengabdi dengan negara.

11. Peluang Kerja Jurusan Arsitektur

Poin terakhir adalah peluang usaha atau prospek kerja dari jurusan Arsitektur. Jurusan Arsitektur bagian dari Fakultas Teknik. Disini kalian mempelajari ilmu-ilmu desain rumah atau bangunan untuk kebutuhan industri ataupun yang lain. Memang jurusan arsitektur berbeda dengan jurusan teknik lain yang lebih condong dalam urusan teknis, dijurusan arsitektur kalian melihat dari sisi estetika bangunan ataupun olahan lainnya. Jika kita gambarkan, jurusan arsitektur bertugas memberikan ide, gambaran, blueprint, desain suatu proyek bangunan dan selanjutnya dikerjakan oleh para lulusan teknik sipil. Prospek kerja arsitektur juga sangat cerah, kamu bisa masuk kedalam perusahaan apapun yang memiliki bidang properti atau kontruksi. Baca Juga : Tips dan Kumpulan Soal TPS UTBK SBMPTN Lengkap Untuk Calon Mahasiswa Baru 2020

Setelah mengetahui ke 11 jurusan dari ilmu teknik yang mana menurutmu paling menjanjikan dan menjadi pertimbangan kamu untuk melanjutkan pendidikan. Semoga sukses dan masuk jurusan teknik di perguruan tinggi impian kalian masing-masing.

Tinggalkan Balasan